Tuesday, July 29, 2014

Standup comedy

     Semenjak saya kecil, saya sering menonton "warkop dki" dan "bajai bajuri". dan disitulah salah satu awal mula saya menyukai komedi. dan 3 tahun terakhir, muncul sebuah fenomena baru di bidang perlawakan. hal itu disebut standup comedy. standup comedy adalah kesenian, dimana seorang membawakan sebuah jokes/bahan lawak, dengan hanya bermodal mic, materi yang ditulis, dan sebuah panggung. standup comedy juga sering disebut sebagai komedi cerdas, karena materi-materinya yang kadang membuat orang berfikir. orang yang membawakan standup comedy disebut dengan istilah 'comic/comica'.
     Saya mengenal standup comedy berawal dari menonton di youtube, dan akhirnya muncul di pertelevisian swasta. dan kecintaan saya pada kesenian ini memuncak semenjak saya mengenal komunitasnya. dan apalagi ada di makassar, tempat saya sekarang menetap dan bernafas. ( @StandUpIndoMKSR ) . disana saya terus berlatih dan open mic ( istilah latihan seorang comic/standup comedian ) dengan terus membuat materi-materi baru yang segar dan tentunya lucu. standup comedy itu menggunakan banyak tehnik, dan tentunya amat berbeda dengan seni komedi yang lain. materi yang disusun, cenderung terstruktur dan rapih. yang dimulai dari setup ( persiapan kalimat dari seorang comic untuk menuju punchline ) yang akhirnya menimbulkan puncline ( hasil tawa yang diakibatkan dari sebuah jokes ).
    Standup comedy itu bukan kesenian lawak biasa yang sering anda nonton di tv. standup comedy bukan semata-mata untuk melucu di depan penonton. standup comedy adalah sebuah alat bagi seseorang, untuk menyampaikan sebuah keresahan pribadi yang dibalut dengan komedi. keresahan tentang keluarga, pergaulan, perilaku yang menyimpang, politik, bahkan hukum. standup comedy juga adalah wadah bagi seseorang untuk menyampaikan hal-hal yang dianggap orang tidak penting. standup comedy adalah sesuatu untuk menyampaikan topik minoritas yang terlewatkan oleh pandangan mata. tak tercium indra. terlupakan oleh mayoritas. standup comedy mempunyai misi yang besar, untuk merubah negeri ini kearah yang lebih baik dari sebelumnya.

1 comment:

Nasihat

Ini aneh, tapi baiklah. Halo nak, ini ayah. Ayah tak tahu kamu lelaki atau wanita, yang jelas, jikalau nanti kau sudah dewasa, dan mene...